Memahami Format Audio & Video (1)

Macam-macam Format Audio

Saat ini pengguna komputer sudah tidak lagi menggunakan komputer sebagai sarana bekerja saja, namun lebih dari itu, juga sebagai pemutar audio dan juga video.

Dan pernahkah anda dalam menjalankan audio dan video tersebut, dapat dijalankan dikomputer yang satu, tetapi tidak dapat dijalankan pada komputer yang lain, media player tidak berfungsi dll bahkan layar monitor malah gelap. Hal ini dikarenakan codec yang tidak terdapat pada komputer untuk menjalankannya dan juga dapat berupa format files yang tidak tepat.

Untuk dapat mengetahui penyebab hal tersebut, mau tidak mau kita juga harus memahami apa yang disebut codec dan format files yang beraneka ragam.

Pengertian dari Format file itu sendiri adalah kode informasi untuk penyimpanan file komputer, Sedangkan Codec adalah seperangkat software ; yang mengompres (compress) dan mendekompres (decompress) data di file media bila file tersebut ingin dikuka kembali.

File Media biasanya berukuran besar, dan agar dapat diproses dan dikirim ( via internet, cd room dll ), file tersebut biasanya dikompres terlebih dahulu, sehingga tidak menyita kapasitas penyimpanan atau disebut juga Lossy atau Lossless Compression yang berarti lebih banyak data tersimpan dan menghapus detil-detil yang tidak mencolok ditelinga atau mata,  seperti misalnya film, akan menyimpan frame secara berurutan.

Dan jika ingin menghemat kapasitas penyimpan, kita hanya menyimpan frame pertama dalam urutan dan variasi antar frame sesudahnya. Namun apabila dikompres lagi akan semakin terasa, sehingga kita harus menyeimbangkan antara kualitas gambar atau suara untuk membuat suatu ukuran file.

Beberapa Codec dan Format file yang umum adalah :

FORMAT AUDIO

AAC ( Advance Audio Codec ) : adalah sistem lossy compession untuk file audio, dikembangkan oleh Motion Picture Expert Group ( Fraunhofer Institute, Dolby, Sony, Nokia dan AT&T ) untuk menggantikan MP3. Ini perluasan dari MPEG-2 standard dan mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan MP3, kompresi yang lebih effisien dengan kualitas suara audio yang lebih baik dan mendukung audio multichannel.

AIFF dan AIFC ( Audio Interchange File Format ) : merupakan format file yang tidak dikompres, yang dikembangkan oleh Apple pada Machintosh dan platform Unix.

MP3 : MP3 ( MPEG-1/2 Audio Layer 3 ) adalah format audio yang paling poluler. Menggunakan algoritma audio lossy compression untuk mengurangi ukuran file, sambil memprouksi kembali lagi aslinya. MP3 dikembangkan di German Fraunhofer Institute dan berbasis format MPEG ( lihat format video ). MP3 mengalami kejayaan pada tahun 1995, dimana semakin banyak file MP3 tersedia diinternet dan popularitasnya semakin terdongkrak karena kualitasnya dan kapasitas yang menjadi relatif sangat kecil. Kompresi MP3 dapat dilakukan dengan bit-rate yang beragam. Standar yang baik untuk kualitas audio dan ukuran file adalah 128 Kbps, untuk mendapati kualitas yang mendekati kualitas CD diperlukan bit-rate 192 kbps. Kualitas CD dan MP3 sulit dibedakan pada bit-rate 192 kbps. Pada tahun 2001, MP3 Pro generasi berikutnya diperkenalkan dan menawarkan kualitas suara dan kompresi yang sudah ditingkatkan, namun karena tidak ada decoder MP3Pro gratisan, format yang sebenarnya luar biasanya ini belum dapat menggantikan standar MP3.

Ogg dan Ogg Vorbis : Ogg adalah format multimedia gratisan yang dirancang untuk streaming dan penyimpanan yang effiesien. Format ini dikembangkan oleh Xiph.org Foundation. Begitu pula Vorbis yang merupakan codec audio gratisan. Vorbis biasanya dipasang bersama Ogg, sehingga muncullah yang namanya Ogg Vorbis. Peluncuran format dan codec ini sebenarnya respon atas rencana pemilik MP3 pada tahun 1998 yang hendak mengenakan biaya lisensi untuk format MP3. OggVorbis sangat populer dikalangan open source, karena kualitas dan sifatnya yang gratis. Namun hingga saat ini walaupun gratis, masih sedikit player yang mendukung format ini, salah satu yang terkenal adalah winamp yang ikut mendukung format Ogg Vorbis.

RealAudio : adalah codec audio yang dikembangkan oleh Real Networks pada tahun 1995. Codec ini awalnya dikembangkan untruk transmisi bandwith rendah. Dapat digunakan untuk streaming informasi audio dan dapat berjalan saat file audio tersebut masih didownload. RealAudio banyak digunakan oleh statiun radio untuk streaming program-program mereka via internet secara real time. RealNetworks juga menyediakan player software gratisan dan berbayar yang bernama RealPlayer, namun untuk yang gratisan tidak dapat melakukan meyimpan audio stream sebagai file.

WAV (WAVE-form) : adalah standar audio yang dikembangkan oleh Microsoft dan IBM, WAV ini adalah format utama untuk menyimpan data audio mentah pada Windows dan menggunakan metode yang sama dengan AIFF Apple untuk menyimpan data. WAV menggunakan teknik pulse-code modulation (PCM) yang tidak dikompres. Dengan cara ini , detil tidak hilang ketika audio analog didigitalkan dan disimpan. Ini membuat format WAV (menggunakan PCM) menjadi pilihan untuk mengedit audio high-fidelity. Akan tetapi untuk keperluan mengoleksi musik, transfer via internet dan memainkan diplayer portable, format ini kurang popular dibandingkan dengan MP3, Ogg Vorbis dan VMA yang dikarenakan ukuran file yang sangat besar.

WMA ( Window Media Audio ) : adalah codec untuk lossy compression, yang dikembangkan pertama sekali ujua untuk menyaingi MP3 oleh Microsoft. Sementara ini Microsoft memposisikan WMA bersaing dengan AAC yang digunakan pada produk Apple seperti iPod dan  iTunes Music Strore. WMA juga menggunakan sistem Digital Rights Management seperti AAC untuk proteksi penggandaan dan membatasi pemutaran pada PC atau peranti tertentu. WMA audio stream hampir selalu dengan file ASF. Jika hanya membawa data audio, biasnya file mempunyai ekstensi .WMA. Adapula versi lossless untuk multichannel surround sound dan untuk voice encoding (WMA Voice).

Tulisan yang berhubungan :

About these ads

28 Balasan ke Memahami Format Audio & Video (1)

  1. husein mengatakan:

    mas, mau nanya dong,
    tau cara buat nge kompresi file audio, untuk dipake di j2me ga mas?

    Setahu saya Java mendukung banyak format audio yang popular seperti wav,midi, mp3 dll dan kalau hanya untuk kompresi format audio tersebut silahkan pelajari pada tulisan ini (http://y3pp33.wordpress.com/2008/08/27/cara-konversi-format-audio/), dan kalau untuk pemrograman J2ME silahkan Googling saja Chenk…banyak tutorial untuk hal tersebut yang dapat anda pelajari

  2. [...] macam format audio, untuk lebih jelasnya dapat dibaca pada tulisan sebelumnya pada blog ini, klik disini (Memahami Format Audio & Video 1 dan [...]

  3. rismaka mengatakan:

    Artikel yg bermanfaat yep, bisa buat rujukan nih..

  4. Philip Stein mengatakan:

    Artikel yg bermanfaat yep, bisa buat rujukan nih..; Artikel yg bermanfaat yep, bisa buat rujukan nih..;;

  5. Berry Devanda mengatakan:

    sangat bermanfaat…
    terimakasih…
    salam…

  6. mafoel79 mengatakan:

    terimakasih

  7. pur mengatakan:

    Ya,,,,sangat bermanfaat…
    terimakasih…

  8. [...] about format audio video 1 By fabiorawung About Format Audio & Video [...]

  9. ir mengatakan:

    ????
    hmmm numpang lewat ajahh deh gann
    http://sariwangi.wordpress.com/

  10. yahya mengatakan:

    bila kamu bertaubat

  11. kunci gitar lagu mengatakan:

    makasi sangat bermnanfaat jadi tagu banyak tentang format video

  12. terimakasih ini sangat bermanfaat buat saya dan saya akan mencobanya mudah-mudahan berhasil Thank’s bnget

  13. terima kasih infonya sangat berguna sekali, dan blog anda bagus sekali penuh dengan informasi. format audio video perlu dipahami bagi orang yang ingin mengenal lebih jauh tentang audio video editting

  14. auto rijlessen mengatakan:

    nice fantastic blog yea nice job our review blog will soon be adding reviews on blogs and add them to our blogs as the top best 100 websites to visit we also do reviews on Customer Reviews all types of reviews thanks

  15. suara diri mengatakan:

    oh begitu toh.. hoho thx.

  16. sepatu mengatakan:

    maju terus…

  17. arashi kensho mengatakan:

    wah komplit nih…

  18. dika mengatakan:

    aduuhhh… pasti bisa dehh

  19. Tujuh is Pitu Blog mengatakan:

    banyak juga ya format audio n videonya.. dulu sya kira format music itu cuman mp3 doang n frmat video itu hnya 3gp… hehe.. katro saia..!!!

  20. raffa mengatakan:

    ak mau tanya dong,admin dr link ini spa?
    trus kpan tahun posting blog ttg “Memahami Format Audio & Video (1)”
    terimakasih :)

  21. Suke Jakarta mengatakan:

    Nunut maning, promosi ya yep, makasih… :)

  22. khlis mengatakan:

    gan tanya nich gimana caranya mengembalikan suara hasil konversi video MPEG dari Caplin ke Normal. tks

  23. sundoko mengatakan:

    Dari sekian banyak istilah codec dan format file yang dijelaskan secara detail diatas, saya hanya famliar dengan yang namanya MP3, yang lainnya masih awam dari pengetahuan saya. Terima kasih informasinya, saya jadi lebih paham tentang berbagai istilah codec dan format file yang ada selama ini.

  24. rahayu webtoluten mengatakan:

    dari penjelasan diatas, apakh DAT termasuk format video atau jenis codec??
    trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • HALAMAN MEDIA BLOG

  • TULISAN TERAKHIR

  • SERING DIBACA

  • RSS ADA ADA SAJA

  • LAGI KESASAR





  • YANG KESASAR

  • TERIMA KASIH

    Cafe Verde para adel… on Web Browser
    Filter Air Surabaya on Mengenal Koneksi Broadband…
    Hery Strada on Mengenal Koneksi Broadband…
    Sugardat on Kaskus Forum Komunikasi Online…
    http://georgiannkawa… on Mengetahui Dan Melihat Cara Se…
    jaket kulit di kota… on Cara Konversi Format Vide…
    ersa hardian on Situs Porno, Video Porno, Vide…
    Halra on Cara Download Video Di In…
    fun os on Situs-situs Manipulasi Foto…
    pulau pari on Mengenal Koneksi Broadband…
    Yuni Indah on Mailing List (Milis): Fungsi,…
    obat penyakit kolera on Situs-Situs Game Gratis
    susilloo on Mengenal Koneksi Broadband…
    erickvand on Antivirus Apa Yang Kita G…
    Tozca Leather on Mengenal Koneksi Broadband…
  • LINK BANNER

  • RSS LINTAS BERITA

  • RSS INFOGUE

  • META

  • MEDIA BLOG

  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

    %d bloggers like this: