Memahami Format Audio & Video (2)

Macam-macam Format Video
3ivx : bukan merupakan format file, tetapi hanya sebuah codec ( seperti Divx, WMV dan Xvid ) yang dikembangkan oleh 3ivx Technologies (www.3ivx.com ).

Teknologi intinya dioptimasi untuk arsitektur prosesor yang beraneka ragam, termasuk platform yang menyertainya. 3ivx memungkinkan untuk pembuatan stream data MPEG-4 dan MP4 dan dapat juga digunakan untuk membuat steam audio AAC.

Dengan menggunakan 3ivx dapat menyimpan lebih dari dua jam film sekualitas DVD kedalam CD tunggal, atau men-stream kualitas video sekualitas DVD melalui modem kabel atau modem DSL.

Untuk membuka file 3ivx, dibutuhkan plug-in untuk Quicktime, untuk video for windows dan untuk Directshow atau 3ivx Decoder.

ASF ( Advanced Streaming Format / Advanced System Format )
:merupakan format yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan untuk audio video digital. Didesain untuk streaming dan membentuk bagian framework Windows Media. ASF dapat menggunakan beraneka ragam codec. Namun dalam prakteknya yang digunakan adalah codec WMV atau WMA yang juga dari Microsoft.

AVI ( Audio Video Interleaved ) : diperkenalkan oleh Microsoft pada tahun 1992 sebagai bagian dari teknologi Video for Windows miliknya. File AVI menyimpan data audio dan video pada struktur interleaved. File ini hanya berupa kontainer- dan data audio video dapat dikompres menggunakan berbagai codec. Kualitas dan kapasitas tergantung pada codec dan secara khusus codec yang digunakan adalah MPEG, Divx atau WMV.

Divx : adalah codec, bukan format file. Edisi Divx pertama (3.11 dan sebelumnya) merupakan versi hack dari codecvideo MPEG4 buatan Microsoft. Jeroma Rota pengembang Divx, mendirikan Divx Networks dan membuat Divx 4, versi terbaru dari codec untuk menghindari masalah hak cipta dengan Microsoft. Divx pada saat pembuatan versi 5.2.1 adalah merupakan codec MPEG-4 layer 2. Dikenal dengan tingkat kompresi yang tinggi, sehingga sangat memungkin menggunakan codectersebut untuk menggandakan film DVD. Satu film DVD umumnya berukuran 5 GB sampai 6 GB, dan Divx mampu mengkompresi hingga menjadi 700 MB, dengan penurunan kualitas yang sangat minim. Dengan demikian film tersebut dapat tertampung dalam sekeping CD. Sejumlah peranti ripping DVD menggunakan codecDivx. Untuk memutar file Divx, dibutuhkan plug-in Divx untuk player software. Versi Divx gratisan termasuk playernya tersedia di http://www.divx.com dan ini termasuk juga plug-in untuk video editing software.

MJPEG ( Motion JPEG)
: adalah codec video yang mengompres masing-masing frame sebagai JPEG image yang terpisah. Kualitasnya tergantung pada pergerakan di footage. Sebaliknya pada video MPEG, kualitas menurun apabila ada banyak gerakan di footage. Kekurangan dari codec ini adalah ukuran file yang besar.

MPEG : adalah format kompresi yang distandarisasi oleh Moving Picture Experts Group (MPEG), yang terbentuk oleh 350 perusahaan dan organisasi.

Standard-standard tersebut adalah :
MPEG 1 adalah standard pertama untuk kompresi audio dan video. merupakan standard encode VideoCD dengan resolusi maksimal hanya 352 x 288 pixel, bit-rate tidak dapat dirubah dan kualitas gambar yang kurang baik.Ini juga  termasuk format audio MP3.
MPEG 2 adalah seri standard transport , audio dan video untuk kualitas siaran televisi.
MPEG 3 dikembangkan untuk high-definiton television (HDTV), tetapi kemudian ditinggalkan karena dianggap MPEG 2 memadai.
MPEG 4 merupakan pengembangan MPEG 1 mendukung Digital Rights Management (DRM) dan bit-rate encoding rendah, serta menggunakan codec video yang disebut H.264 yang dipandang lebih effisien.
MPEG 7 adalah sistem formal untuk mendeskripsikan kandungan multimedia.
MPEG 21 merupakan standard masa depan untuk multimedia.

Codec MPEG menggunakan lossy compression pada data audio video. Bagian motion video pada standard MPEG-1 didapat dari standard Joint Picture Experts Group (JPEG) untuk lossy compression gambar diam ( foto )
MPEG-1 digunakan pada format VideoCD. Kualitas output dan bit-rate lebih kecil daripada VCR.
MPEG-2 sama dengan MPEG-1, tetapi juga menyediakan dukungan untuk interlaced video ( seperti pada siaran TV ) dan juga mendukung Transport Stream yang dibuat untuk mentranfer video dan audio digital pada media dan digunakan untuk broadcasting. Standard MPEG-2 saat ini telah ditingkat menjadi standard terbaru untuk transmisi HDTV. Saat ini digunakan untuk SVCD, DVD dengan tingkat bit yang dapat diubah dan memiliki kualitas gambar yang luar biasa. DV Video merupakan subformat khusus dari MPEG-2 dengan tingkat bit yang tetap. Format ini sangat cocok digunakan untuk video editing.
MPEG-4 berbasis MPEG-1 dan MPEG-2, tetapi ada tambahan fitur seperti dukungan VRML untuk rendering 3D, files komposit berorientasi objek (termasuk audio, video dan virtual reality modelling), dukungan untuk DRM dan berbagai macam interaktivitas . Kontainer untuk kandungan MPEG-4 adalah MP4

OGM ( Ogg Media File ) : adalah format kontainer untuk audio, video dan subtitle. Sebagaimana AVI, format  ini juga mendukung multiple audio track, bahkan dengan format yang berbeda (seperti MP3 dan WAV). OGM juga memungkinkan integrasi audio Ogg Vorbis. Codec video yang sering digunakan dalam files OGM adalah Xvid. Untuk membuka file OGM di windows diperlukan paket software yang disebut Ogg Vorbis Direct Filter dan dapat diperoleh di http://www.tobias.everwicked.com

Quicktime : adalah teknologi multimedia sekaligus format file yang dikembangkan oleh Apple Computer dan pertama sekali diprkenalkan pada  tahun 1991. file Quicktime adalah kontainer multimedia yang terbentuk atas satu atau lebih track seperti audio, video, teks atau efek digital. Masing-masing track mengandung media track, baik itu media stream yang telah di encode atau pointer-pointer pada file eksternal. codec yang digunakan untuk compress dan decompress data di Quicktime diantaranya MP3, JPEG, Divx, Cinepak, Sorensen dan bahkan MPEG-2 dan MPEG-4. Oleh sebeb itu, quicktime lebih cocok digunakan untuk aplikasi internet dibandingkan AVI

RealVideo dan RealMedia : adalah codec video yang dikembangkan oleh RealNetworks pada tahun 1997. Berbeda dengan codec video lainnya, RealVideo telah dioptimasi untuk streaming video melalui jaringan IP. Menggunakan PNA Protocol atau Real Time Streaming Protocol. Biasanya berpasangan dengan RealAudio yang dikemas dalam RealMedia. RealNetworks juga menyediakan player yang disebut RealPlayer untuk audio dan video.

WMV ( Windows Media Video ) : adalah bagian dari sistem Windows Media buatan Microsoft. Adalah sebuah codec untuk mengencode film dan mentransform slide show yang berisi format bitmap kedalam video terkompres. WMV sebenarnya adalah versi proprietary dari MPEG-4. Video Stream sering dikombinasikan dengan Audio Stream dalam format WMA, dengan video WMV yang dikemas kedalam kontainer AVI atau ASF.

Tulisan yang berhubungan :

57 Balasan ke Memahami Format Audio & Video (2)

  1. ismalfi mengatakan:

    trims brguna nih..

  2. sitemap mengatakan:

    wah beken deh…

  3. sitemap mengatakan:

    trims..

  4. Keyword mengatakan:

    Makasih mas atas share nya..

  5. Berry Devanda mengatakan:

    sangat bermanfat…
    dulunya saya nggak tau…
    sekarang jadi tau ne…
    makasi…
    salam…

  6. […] about format audio video 2 By fabiorawung Seluk beluk Format Audio & Video 2 […]

  7. ir mengatakan:

    ????
    hmmm numpang lewat ajahh deh gann
    http://sariwangi.wordpress.com/

  8. arie mengatakan:

    terima kasih postingnya bermanfaat buat saya…
    bleh tukeran link?
    http://ariebektie.wordpress.com

  9. ganjar mengatakan:

    ini dia.. ha.. ha.. nice info sob…

  10. Daily News Online mengatakan:

    Jadi tambah puyeng bacanya.
    teknologi makin maju.
    ilmu ane ga maju-maju.
    apes.

  11. klikalfon mengatakan:

    weis lengkap banget mas.. niat mau nambahin tapi udah pada dijelasin semua

  12. green coffee mountain mengatakan:

    sayang bukan bidang saya mas, tapi terima kasih untuk tambah pengetahuan saya …🙂

  13. sangat bermanfat…
    dulunya saya nggak tau…
    sekarang jadi tau ne…
    makasi…
    salam…

  14. anton mengatakan:

    wah mantep nih infonya, kebetulan saya sedang kuliah di jurusan elektro, sedikit banyak artikel diatas enambah wawasan saya …

  15. home improvement mengatakan:

    nice info mas .. sy selalu mengikuti update blog ini .. selalu menarik untuk diikuti .. mantep dah

  16. info car mengatakan:

    Yang paling banyak dipakai dan banyak direkomendasikan yang mana bro .. ?

  17. fansbook mengatakan:

    tukeran link yuuk gan

  18. sahrul mengatakan:

    haloooo,,,,,????

  19. lagi baca mengatakan:

    Skin care

    Nice information, valuable and excellent, as share good stuff with good ideas and concepts, lots of great information and inspiration, both of which we all need, thanks for all the enthusiasm to offer such helpful information here

  20. Bambangxp mengatakan:

    Makasih gan atas share nya beemanfaat banget nih buat pengetahuanan🙂

  21. Meria mengatakan:

    Hmm ternyata banyak juga yah… komplit mas..😀

  22. blogger gurem mengatakan:

    penting ini untuk yang suka nonton pelem hee

  23. Sbagyo mengatakan:

    Dulu saya kira format video semua,sekalinya lain.thank ilmunya.
    aplikasi gratis

  24. Michael mengatakan:

    ultrasonic thickness gauge

    Very interesting. I use quicktime all the time and hadnt realized you could do that. thanks for the update.

  25. laptop review mengatakan:

    wah nice info gan…jadi tambah imu nih

  26. carinsurance mengatakan:

    wah ternyata lengkap dan komplit juga ya gann

  27. sexy lita mengatakan:

    jadi gitu ya…thanks gan

  28. wardz mengatakan:

    panduan yang lengkap dan sangat berguana buat saya
    makcciihh…

  29. Dumpster Rental NY mengatakan:

    Es una blog postso muy bueno

  30. teman cerita mengatakan:

    makasih infonya gan..

  31. coretan9 mengatakan:

    Terimakasih sheringnya mas, artikel di situs ini memberi saya informasi yang bermfaat, keep posting ya …

  32. wadoooh.. sya tahunya 3gp, avi and mpeg aja… thanks dah sharing mas…

    Salam kenal, karawang

  33. Simple Photography mengatakan:

    klo player standar nggak mempan biasanya pake K Lite Codec…

  34. pengembangan diri mengatakan:

    kadang emang bikin bingung tuh perbedaan dari masing2 extention.. terutama avi, divx dan mp4 itu kurang lebih sama ya..

  35. 3w9 mengatakan:

    BLOGWALKING HERE>>>>>>>>>

  36. Gratis Internet mengatakan:

    Mantap sahrenya mas,, smoga bermanfaat

  37. usb modem termurah mengatakan:

    walaupun masih blm jelas tapi trmksh infonya gan

  38. Belajar Komputer mengatakan:

    thanks ya gan, setelah membacanya saya jadi paham deh..

  39. informasi yang bermanfaat gan…

    Kunjungi juga ya web saya kalau mau buat web..

    okewebku.com

  40. Noemi mengatakan:

    This is a great website, would you be involved in doing an interview about just how you designed it? If so e-mail me!

  41. sem kanny mengatakan:

    ok”’

  42. Rezpectoor_24:08 mengatakan:

    Miyabi memeng cantik tp s’yg artis porno …!!!

  43. berita indonesia mengatakan:

    sanggat terbantu dengan artikel ini, salam kenal mas

  44. Seputar Surabaya mengatakan:

    absen yang ini belum ah…

  45. Obat Maag mengatakan:

    terimakasih dengan adanya artikel ini saya mendapat pengetahuan baru yang sangat bermanfaat

  46. Kabar Terbaru mengatakan:

    Thx infonya gan..

  47. Mahogany Furniture mengatakan:

    wah makasih om atas infonya,,sungguh bermanfaat..

  48. Diskon Mesin Kasir mengatakan:

    swf itu termasuk apa ya yep?

  49. Plagiart™ mengatakan:

    ini dia yang saya cari..pengertiannya..ijin kopas buat tugas kuliah…

  50. rindicantika mengatakan:

    Thanks a whole lot greatly to the higher quality and results-oriented aid. I won’t suppose doubly to endorse your blog submit to anybody who desires and wants help regarding this space Jaket Kulit Asli Domba

  51. jual jaket pria mengatakan:

    makasih ya gan

  52. Truly no matter if someone doesn’t be aware of
    afterward its up to other visitors that they will
    help, so here it occurs.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • HALAMAN MEDIA BLOG

  • TULISAN TERAKHIR

  • SERING DIBACA

  • RSS ADA ADA SAJA

  • LAGI KESASAR





  • YANG KESASAR

  • TERIMA KASIH

    apakah cream hn orig… di Memahami Format Audio & Vi…
    PENGANTAR TEKNOLOGI… di Memahami Format Audio & Vi…
    rodianggara di Daftar Alamat Situs Free …
    alltags frisuren kur… di Mengenal Cc, Bcc : Ketika Meng…
    togel di Kaskus Forum Komunikasi Online…
    jaket pria terbaru di Cara Download Video Di In…
    jaket pria terbaru di Awas! Ada Phishing Pada Yahoo!…
    jaket pria terbaru di Facebook : Setting Awal F…
    jaket pria terbaru di Mengenal Metode Dan Program Un…
    jaket pria terbaru di Situs-situs Manipulasi Foto…
    jaket pria murah di Kaskus Forum Komunikasi Online…
    jaket pria murah di Cara Konversi Format Vide…
    jual jaket pria di Memahami Format Audio & Vi…
    jual jaket pria di Integrasi PCMAV dan CLAMA…
    training for trainer… di Integrasi PCMAV dan CLAMA…
  • LINK BANNER

  • RSS LINTAS BERITA

  • RSS INFOGUE

  • META

  • MEDIA BLOG

  • %d blogger menyukai ini: